Wednesday, February 20, 2019

mekanisme reaksi eliminasi E1



MEKANISME REAKSI ELIMINASI E1
Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, reaksi eliminasi merupakan suatu reaksi yang terjadi karena pelepasan atom. Reaksi eliminasi ini menyebakan terbentuknya ikatan rangkap. Dalam kimia organik, reaksi eliminasi ini terbagi menjadi 2 yaitu E2 dan E1. Reaksi eliminasi E2 telah kita bahas pada pertemuan sebelumnya. Sekarang, kita akan membahas reaksi eliminasi E1.
            Kita dapat mengasumsikan, bahwa reaksi eliminasi E1 merupakan suatu reaksi eliminasi yang terjadi dengan terbentuknya karbokation. Karbokation ini adalah suatu zat intermediet yang tidak stabil dan berenergi tinggi, karena seperti itu karbokation ini akan segera beraksi lebih lanjut
Contoh dan Mekanisme



Dalam tahap permulaan reaksi eliminasi E1 yang terjadi adalah kepergian leaving group. Leaving group ini, terlebih dulu pergi. Dalam reaksi ini, leaving groupnya adalah Cl. Ketika Cl pergi maka akan terputuslah ikatan antara Cl dan C. Nah, terbentuklah karbokation setelah itu.


Pada tahap ini, basa (OH-) menyerang hidrogen pada atom C disebelah atom C karbokation. Selanjutnya jadi terbentuk ikatan rangkap antara atom C dan atom C. Selain itu juga terbentuk H3O+ pada reaksi ini. Jadi ada 2 hasil reaksi.
Permasalahan:
1.      Bagaimana hasilnya jika tersier butil klorida direaksikan dengan etanol? Mana yang lebih dominan antara terjadi reaksi SN1 atau E1?
2.      Apa yang sebenarnya terjadi dalam E1 sehingga terbentuk karbokation?
3.      Mengapa energi yang dibutuhkan pada tahap 1 besar?

3 comments:

  1. saya Yuli Pertiwi
    NIM A1C117020
    saya akan mencoba menjawab permasalahan yang ketiga. Energi yang dibutuhkan pada tahap 1 besar dikarenakan energi tersebut digunakan untuk memutuskan ikatan halida yang selanjutnya akan diperoleh karbokation. hal inilah yang menyebabkan mengapa energi yang diperlukan pada tahap 1 lebih besar. terima kasih

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan saya Infirna fii dinillah dengan nim A1C117008 akan mencoba menjawab pertanyaan nomer 2.
    Karbokation terbentuk akibat kurangnya elektron pada atom C. Jadi, setelah alkil lepas menjadi leaving group, maka atom C akan kekurangan elektron yang akan menyebabkan terbentuknya karbokation.

    ReplyDelete
  3. Saya ira desmila nim A1C117010 saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 1. Pada reaksi antara tersier butil klorida dengan etanol maka yang lebih dominan adalah SN1 dengan persentase 83%

    ReplyDelete