Tuesday, February 12, 2019

Mekanisme Reaksi Eliminasi E2



Sebelumnya kita telah membahas mengenai reaksi substitusi nukleofilik SN2 dan SN1. Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai reaksi eliminasi. Apa itu reaksi eliminasi? Apa perbedaannya dengan reaksi substitusi? Nah, itu akan dibahas pada kesempatan ini.
Reaksi Eliminasi dapat diartikan sebagai reaksi untuk membentuk ikatan rangkap. Dari ikatan rangkap 1 menjadi rangkap 2 dan rangkap 2 menjadi rangkap 3. Dimana, dalam reaksi ini, terjadi penghilangan suatu gugus atom dari suatu senyawa. Sehingga akan terbentuk ikatan rangkap. Perbedaan dengan substitusi yaitu, jika pada substitusi suatu atom di gantikan oleh atom lain berbeda dengan eliminasi yang menghilangkan atom tersebut. Dalam reaksi substitusi tidak terjadi perubahan ikatan. Namun, pada eliminasi terjadi pembentukan ikatan rangkap.
Sama seperti reaksi subtitusi ada yang mengalami satu tahap dan 2 tahap yang disebut dengan SN2 dan SN1, reaksi eliminasi pun ada yang mengalami 1 tahap dan 2 tahap yang disebut E2 dan E1.
A.           Pengertian reaksi eliminasi E2.
Reaksi eliminasi E2 diartikan sebagai reaksi eliminasi yang mekanisme reaksinya terjadi dalam satu tahap. Reaksinya terjadi serempak, atau berbarengan atau serentak yang dalam bahasa inggris disebut concerted reaction. Maksud serentak disini yaitu semua ikatan terputus dan terbentuk terjadi tanpa perantara. Reaksi ini pun disebut eliminasi bimolekuler.
Ada 2 faktor yang mempengaruhi laju reaksi eliminasi yaitu konsentrasi yaitu kosentrasi produk dan reaktan.
B.            Contoh reaksi eliminasi E2
           
        mekanisme:
        


Pada mekanisme reaksi E2, basa menyerang H pada saat substrat belum terlepas dari leaving groupnya (Br-). Sehingga pada keadaan transisi, basa terikat dengan H pada substrat tetapi leaving groupnya nya belum lepas. Dan pada atom C C terbentuk ikatan rangkap yang samar samar. Pada keadaan akhir, terbentuk ikatan rangkap dan terbentuk etanol dari ikatan basa dan H yang terlepas dari substrat, serta terbentuk juga leaving group yang terlepas dari substrat yaitu Br-.
Permasalahan:
1. Apa yang mebedakan antara E2 dan SN2?
2. Bagaimana selektivitas reaksi E2
3. Bagaimana reaksi E2 bisa terjadi?

4 comments:

  1. Saya infirna fii dinillah dengan Nim A1C117008 akan mencoba menjawab permasalahan nomer 1.
    Perbedaan umum antara reaksi E2 dan SN2 adalah, SN2 bereaksi dengan nukleofilik, sedangkan E2 bereaksi dengan basa kuat. Reaksi SN2 adalah reaksi substitusi dimana gugus yang masuk menggantikan gugus yang pergi dalam 1 tahap. Sedangkan E2 reaksi eliminasi yang mengubah ikatan tunggal menjadi ikatan rangkap, dengan alur reaksi basa menarik atom H yang terikat dengan C beta lalu leaving group terputus.

    ReplyDelete
  2. Saya ira desmila nim A1C117010 akan menjawab pertanyaan no 2. Selektivitas E2 yang paling cepat itu ketika ikatan H-C dan ikatan C-LG yang terdapat dalam reaksi tersebut adalah co-planar yaitu co-planar biasanya pada suhu 180^ atau biasa disebut antiperiplanar. Nah pada reaksi E2 ini alkena yang paling stabil adalah yang akan menjadi produk utama dalam reaksi E2.

    ReplyDelete
  3. Assalamualikum wr. Wb
    Saya yossy mahardani NIM A1C117034
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 1.
    Menurut saya yang membedakan antara sn2 dan e2 terletak pada cara pereaksiannya dimana pada sn2 terjadi reaksi subsitusi pada nukleofiliknya sedangkan pada e2 terjadi reaksi eliminasi karena terdapat alkil halidanya basa kuat yang akan membentuk suatu alkena.
    Semoga membantu

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum wr wb
    Saya seno ssakti sugaragiri (A1C117002)
    Disini saya akan membantu menjawab pertanyaan nomer 3
    Dalam reaksi E2 terjadi beberapa kejadian walaupun terjadi secara cepat dalam satu tahap, pertama basa membentuk ikatan dengan proton H+ lalu nukelofil C-H membentuk ikatan π yang terakhir halida pergi meninggalkan gugus alkil halida dengan membawa sepasang elektron yang dibantu oleh suatu alkohol yang dipanaskan agar reaksi dapat berjalan dengan cepat
    Sehingga pada akhirnya membentuk suatu alkohol, suatu gugus alkena dan gugus pergi halida yang membawa sepasang elektron
    Semoga membantu

    ReplyDelete