Saturday, August 31, 2019

Persenyawaan Kimia Organik

Pada pertemuan ini, akan dibahas mengenai stereokimia persenyawaan kimia organik. Stereokimia merupakan suatu keadaan dimana suatu gugus fungsi berada dalam posisi lain dari bentuk awalnya. Sedangkan persenyawaan merupakan suatu proses atom atom yang bergabung membentuk suatu senyawa.
Dalam kimia organik ini ada bentuk bentuk isomer seperti isomer geometri, isomer konformasi, diastereoisometri dan isomer optik. Nah isomer - isomer tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap aktivitas biologis obat. Ada tiga faktor struktur yang penting yang mempengaruhi aktivitas biologi obat yaitu stereokimia molekul obat, jarak antar atom atau gugus dan distribusi elektronik dan konfigurasi molekul.
Isomer geometri
Isomer ini adalah isomer cis dang trans. Ikatan rangkap yang dimilik oleh molekul yang mempunyai isomer ini sulit untuk bergerak bebas karena gerak atom atom terbatas.
Isomer konformasi
Ini merupakan suatu isomer yang terbentuk karena adanya bentuk lain dari suatu molekul dari rumus umum yang sama.


Senyawa senyawa kimia organik yang merupakan hasil dari persenyawaan memiliki banyak sekali manfaat seperti dalam bidang kesehatan, bidang pangan, dan lain lain.
Dalam bidang pangan, ada vitanmin C atau biasanya disebuit dengan asam askorbat. Asam askorbat dengan rumus kimia C6H8O6 merupakan senyawa kimia berupa serbuk putih atau agak kuning.  Asam askorbat ini memiliki stereokimia L-asam askorbat dan L-asam dehidroaskorbat. L-asam askorbat merupakan bentuk tereduksi sedangkan L-asam dehidroaskorbat merupakan bentuk teroksidasi. Oksidasi bolak balik dari L-asam askorbat dan L-asam dehidroaskorbat tidak akan terjadi bila yidak bereaksi dengan tembaga panas atau logam alkali.



(Asam askorbat)
                       
(Asam askorbar dan asam dehidroaskorbat)
 
Permasalahan
1. Bagaimana hubungan stereokimia dengan aktivitas obat dalam tubuh?
2. Penggunaan senyawa organik dalam pertanian sudah banyak di terapkan, jelaskan mengenai senyawa organik yg digunakan dalam bidang pertanian tersebut.
3. Berikan contoh senyawa organik yang digunakan dalam bidang obat obatan

3 comments:

  1. Nama saya Seno Sakti Sugaragiri (A1C117002)
    disini saya akan menjawab permasalahan no 3
    salah satu senyawa organik yang dimanfaatkan dalam dunia medis yaitu steroid. biasanya steroid juga sering digunakan oleh para binaragawan dalam mendapatkan bentuk otot yang besar secara instan. steroid sendiri dalam dunia medis sering dijumpai dalam bentuk obat kortikosteroid. sebenarnya kortikosteroid adalah sekumpulan hormon yang diproduksi tubuh pada kelenjar adrenal yang letaknya di atas ginjal serta berfungsi dalam mengatur berbagai metabolisme tubuh. obat kortikostesroid sintetis diantaranya Betametason, xamethasone, ethylprednisolone, Prednison, Prednisolone, Triamcinolone yang biasanya digunakan untuk mengatasi Asma, Bronkitis, alergi pada kulit, mata, atau hidung. namun penggunaan steroid sendiri sangat di awasi dengan ketat dan tidak diperjual belikan bebas tanpa aturan resep dokter, efek samping yang sering dialami bermacam macam tergantung pada obat yang digunakan, biasanya obat yang digunakan dalam bentuk tablet maupun suntik lebih memiliki efek samping yang lebih besar dari pada obat berbentuk inhaler maupun salep.
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Nama saya MelinYohana Sitio (A1C117038)
    disini saya akan menjawab permasalahan nomor 2
    senyawa organikk yang digunakan dalam bidang pertanian sangat banyak, diantaranya ada pupuk (termasuk segala jenis pupuk hijau, kompos, pupuk cair organik, pupuk kompos, dll) dan pestisida. pestisida mencakup bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau mengendalikan organisme yang merugikan manusia, tumbuhan, ternak dan sebagainya yang diusahakan manusia. Insektisida diazinon merupakan salah satu pestisida untuk racun serangga, termasuk golongan organofosfat dari grup fosforotioat/fosforotionat mengandung unsur karbon dan fosfor serta dapat mengganggu sistem syaraf manusia. Insektisida golongan ini bekerja sangat efektif menghambat aktifitas enzim asetilkolinesterase (AchE) sebagian besar serangga, dan mengakibatkan akumulasi asetilkolin (Ach) dan tidak dapat berfungsi lagi sebagai neurotransmitter, kemudian akan mengakibatkan kontraksi otot yang diikuti dengan kelemahan, hilangnya refleksi (kelumpuhan) dan paralisis jaringan.
    Asetilkolin berlebihan menyebabkan tremor, kejang-kejang dan kematian. Enzim asetilkolinesterase dibutuhkan untuk fungsi sistem syaraf.
    Diazinon ini sebagai insektisida yang sangat efektif digunakan untuk
    memberantas dan membasmi, ataupun mengendalikan hama-hama tanaman
    seperti kutu daun, lalat, wereng, kumbang penggerek padi, dan sebagainya.
    Diazinon umumnya digunakan pada tanaman buah, padi, tebu, jagung, tembakau dan tanaman hortikultura.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. hai anges perkenalkan nama saya ruslan rabani dengan nim a1c117028, saya akan coba bantu menyelesaikan permasalahan yang pertama.

    molekul obat harus berinteraksi dengan reseptor dengan cara mencapai sisi reseptor dan sesuai dengan permukaan reseptor. dari hal inilah efisiensi obat dapat ditentukan. agar dapar berinteraksi dengan aseptor dan memberikan respon biologis atau kesembuhan maka molekul obat harus memiliki erajat spesifik yang tinggi. kemudian obat dan reseptor berinteraksi ada dua nilai yang sangat penting yang di distribusi muatan elektron dalam obat pada reseptor. kemudian aktivitas obat juga tergantung terhadap 3 faktor struktur yang penting, yaitu sebagai berikut : sterokimia molekul obat, jarak atom terhadap gugus. konfigurasi molekul dan distribusi elaktron.

    semoga membantu

    ReplyDelete